UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DENGAN STRATEG BAURAN PEMASARAN UNTUK KEPUASAN PELANGGAN PADA SMP MUHAMMADIYAH SINAR FAJAR CAWAS DAN SMPIT MUHAMMADIYAH AN NAJAH JATINOM KLATEN
(1) MPAI Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) MPAI Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) MPAI Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) MPAI Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11654
Abstract
Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan, saat ini sektor pendidikan menjadi bagian yang termarjinalkan. Perlu adanya strategi yang tepat agar dunia pendidikan lebih maju dan bermutu. SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan SMP Islam Terpadu Muhammadiyah An Najah Jatinom merupakan sekolah baru yang keberadaannya mendapat respon bagus dari masyarakat.
Sekolah tersebut menerapkan strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan mutu sekolah. Penelitan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui langkah – langkah, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi Bauran Pemasaran di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan di SMP Islam Terpadu Muhammadiyah An Najah Jatinom Klaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Data diperoleh dengan cara pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Langkah – langkah yang telah dilakukan dalam penerapan strategi Bauran Pemasaran untuk meningkatkan mutu sekolah di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan SMP Islam Terpadu Muhammadiyah An Najah Jatinom Klaten adalah dengan menerapkan langkah 7P, langkah tersebut meliputi, Product (produk) yang berupa variasi program pilihan. Price (harga), berupa biaya sekolah yang ditawarkan pada wali murid dengan sistem pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau melalui transfer. Place (tempat), lokasi kedua sekolah yang strategis dapat dijangkau dengan sarana transportasi umum maupun pribadi. Promotion (promosi) dilakukan melalui media cetak, elektronik dan media sosial. People (sumber daya manusia) meliputi pendidik dan tenaga kependidikan yang muda dan semangat. Physical evidence (bukti fisik) berupa gedung sekolah dan laporan hasil belajar siswa. Process (proses), penyelenggaraan pendidikan di kedua sekolah tersebut telah memenuhi standar nasional pendidikan.
Faktor pendukung dalam penerapan strategi Bauran Pemasaran di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas adalah, animo masyarakat tinggi, pendidik (guru) yang masih muda, semangat dan mempunyai kreatifitas tinggi, program yang bervariasi, figur pendidik yang ditokohkan oleh calon siswa dan orang tua siswa. Faktor penghambat dalam penerapan strategi Bauran Pemasaran di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar adalah, minimnya sarana dan prasarana sekolah, jaringan luar sekolah yang masih minim, serta terbatasnya sumber daya manusia dari segi jumlah dan kualitas. Faktor pendukung dalam penerapan strategi Bauran Pemasaran di SMP Islam Terpadu An Najah Jatinom adalah animo masyarakat yang tinggi, pendidik (guru) yang masih muda, semangat dan mempunyai kreatifitas tinggi, gedung sekolah yang bagus, nyaman, dan menarik, serta program yang bervariasi. Faktor penghambat dalam penerapan strategi Bauran Pemasaran di SMP Islam Terpadu Muhammadiyah An Najah Jatinom adalah, tenaga pendidik masih minim dari segi jumlah dan kualitas, pihak sekolah kurang konsisten dalam pelaksanaan program serta minimnya fasilitas penunjang pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Joesoef, Daoed. 2001. Pembaharuan Pendidikan dan Pikiran, dalam Sularto (ed). Masyarakat Warga dan Pergulatan Demokrasi: Antara Cita dan Fakta, Jakarta: Kompas.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran, Terj. Hendra Teguh dkk. Jakarta: PT. Perihallindo.
Suyanto, 2006. Dinamika Pendidikan Nasional (Dalam Percaturan Dunia Global). Jakarta: PSAP Muhammadiyah
Sallis,Edward. 2012. Total Quality Management in Education. Jogakarta :IRCisoD.
A. D Selang, Christian. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart bahu Mall Manado, Jurnal Emba Vol. 1 No 3, : 71-80
Aziz, Amrullah. Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam, Vol.10, No.2 : 2015
Fadhli,Muhammad. 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan, Tadbir Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol.1, No. 02 : 218
Fadhli, Muhammad.2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 02 : 2017
Faizin, Imam. 2017. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, Vol. 7, No. 2 : 280 - 281
J. Moleong, Lexy.2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Khasanah,Afidatun 2015. Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturraden, El Tarbawj Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2
Muthoifin, Mohamad Ali, Nur Wachidah, 2017. Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam, Jurnal Studi Islam, Vol. 18, No. 1 : 41
Muthoifin. 2015. Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hadjar Dewantara, dalam Jurnal Intizar, Vol. 21, No. 2: 299.
Muthoifin. 2015. Sistem Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam: Studi Kritis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Perspektif Islam, dalam Jurnal Wahana Akademika, Vol. 2, No. 1: 69-72.
Supriyanto, Eko.201. Model Menjaminan Mutu Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Swasta, Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 24, No. 1: 3
Yusuf, Muru. 2014. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Prenada Media Group.
Article Metrics
Abstract view(s): 755 time(s)PDF: 713 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.